Seiring dengan usia penggunaannya, mesin motor matik bisa tiba-tiba kehilangan kompresi. Permasalahan ini biasanya kumat terutama saat berkendara di kecepatan tinggi atau mengangkut muatan berat. Tentu sangat merepotkan jika tiba-tiba motor ngadat dan menghambat mobilitas.
Kompresi sendiri yaitu pemadatan udara yang dihasilkan pada silinder mesin melalui pergerakan piston. Semakin tinggi kompresi yang dihasilkan, semakin banyak pula udara yang dikompresi. Jika kompresi motor hilang, performa mesin motor otomatis akan menurun, dan pada skenario terburuk bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.
Faktor utama yang menyebabkan kerusakan ini yaitu karena ring piston sudah tidak bekerja secara optimal. Fungsinya yaitu sebagai sekat agar oli mesin tidak masuk ke ruang pembakaran, dan juga sebagai penahan kompresi yang dihasilkan mesin. Jika terhambat kerak oli mesin, ring ini akan macet dan tidak kembali mengembang.
Apabila Anda mengalami ini, yang harus dilakukan yaitu servis besar dan membersihkan kerak oli mesin yang menempel pada dinding piston. Namun, sebagai pertolongan pertama di saat darurat, Anda juga bisa mencoba melepas busi dan memasukkan oli mesin melalui lubang busi. Jika cara ini berhasil, motor akan menyala meskipun akan mengeluarkan asap cukup banyak.